news


Ketersediaan WiFi Publik Google Station untuk Generasi Milenial di Universitas Airlangga


16 Maret 2018 – Jakarta, Indonesia, FiberStar, selaku penyedia jaringan infrastruktur netral bekerjasama dengan Google dan CBN sebagai penyedia layanan internet dalam menghadirkan jaringan wifi untuk area-area publik. Setelah peluncuran Google Station yang diadakan di Ciputra Artpreneur pada tanggal 24 Agustus 2017, Google Station sudah tersebar di Jabodetabek, Bandung, Surabaya dan akan disusul dengan beberapa kota-kota lainnya di Jawa & Sumatera.

Google Station merupakan fasilitas WiFi Publik yang dapat dinikmati oleh masyarakat secara gratis. Fasilitas koneksi internet yang stabil ini dapat dijumpai di hotspot-hotspot yang tersedia di area umum. Google Station diharapkan dapat turut berkontribusi dalam pemerataan percepatan adopsi ekonomi digital di masyarakat, khususnya pada generasi milennial saat ini yang sangat akrab dengan dunia digital.

Pada acara BeKraf Roadshow Derap Ekrafpreneur Hasanah Mulia 2018, 16 Maret 2018 di Aula Fadjarnotonegoro FEB Universitas Airlangga, FiberStar yang diwakili Bapak Thomas Dragono selaku Information and Policy Director bersama dengan Sekretaris Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis (IKAFE) Universitas Airlangga, Bapak Didik Prasetiyono melakukan peresmian hadirnya Google Station di Universitas Airlangga. Program Derap Ekrafpreneur Hasanah Mulia 2018 (DEUREUHAM 2018) yang sedang digalakkan oleh BeKraf bekerjasama dengan BNI Syariah adalah sebuah rangkaian program yang bertujuan untuk mendorong para pelaku ekonomi kreatif berbasis syariah untuk mendapatkan dukungan pembiayaan dari Perbankan Syariah.

Ditemui setelah acara peresmian ini Bapak Thomas Dragono mengatakan, "Kami sangat agresif dalam mengembangkan jaringan fiber optik dan saat ini jaringan FiberStar telah tersebar di 80 kota di seluruh Indonesia, sebagai bukti komitmen kami dalam memberikan akses internet yang lebih baik dan mempermudah akses informasi yang berguna untuk semua lapisan masyarakat."

"Seiring dengan perluasan jaringan FiberStar, titik WiFi di area publik (Google Station) ini pun dapat bertambah, karena kami berupaya untuk dapat menggiatkan gerakan melek ekonomi digital sejak dini, sehingga para mahasiswa dari generasi milenial ini dapat berkreasi dan berprestasi dengan memanfaatkan fasilitas WiFi Publik ini", pungkasnya kembali.

Bapak Didik Prasetiyono, Sekretaris IKAFE Universitas Airlangga, mengatakan, "Mahasiswa harus siap dengan perubahan yang mengarah ke digital. Akses ke internet adalah salah satu pemecahannya. Harapan kami, Google Station dapat memfasilitasi mahasiswa dalam menikmati WiFi berkecepatan tinggi yang didukung oleh jaringan fiber optik FiberStar. Hal ini akan sangat mendorong mahasiswa dalam kemajuan pendidikan dan pengetahuannya, sehingga mereka dapat bersaing di luar."

Fathin Suaidi, Wakil Ketua BEM FEB Universitas Airlangga, mengungkapkan pengalamannya dalam menggunakan WiFi dari Google Station "Saya mengakses Youtube dengan menggunakan Google Station dan hasilnya saya dapat menonton tanpa buffering. Ke depannya saya harapkan, akses Google Station dapat ditambah sampai ke tiap kelas, sehingga dapat menunjang proses belajar mahasiswa."